RSS

Tektonik Indonesia : Kondisi dan Potensinya

17 Jan

Kepulauan Indonesia adalah salah satu wilayah yang memiliki kondisi geologi yang menarik. Menarik karena gugusan kepulauannya dibentuk oleh tumbukan lempeng-lempeng tektonik besar. Tumbukan Lempeng Eurasia dan Lempeng India-Australia mempengaruhi Indonesia bagian barat, sedangkan pada Indonesia bagian timur, dua lempeng tektonik ini ditubruk lagi oleh Lempeng Samudra Pasifik dari arah timur. Kondisi ini tentunya berimplikasi banyak terhadap kehidupan yang berlangsung di atasnya hingga saat ini. Mari kita perhatikan gambar-gambar di bawah ini.

Kondisi Tektonik di Kepulauan Indonesia

Kondisi Tektonik di Kepulauan Indonesia

Gambar di atas menunjukkan kondisi tektonik Kepulauan Indonesia. Garis merah, jingga dan hijau menunjukkan batas-batas lempeng tektonik. Garis merah menunjukkan pemekaran lantai samudra. Garis jingga menunjukkan pensesaran relatif mendatar. Sedangkan garis hijau menunjukkan tumbukan/penunjaman antar lempeng tektonik.

Mari kita perhatikan satu per satu. Garis hijau di sebelah barat Pulau Sumatra dan di sebelah selatan Pulau Jawa, menerus hingga ke Laut Banda, sebelah selatan Flores kemudian membelok ke utara menuju Laut Arafuru (utara Maluku) menunjukkan zona penunjaman Lempeng Hindia-Australia dan Lempeng Eurasia.

Kenapa membelok ke Laut Arafuru ya ?

Kalo terus ntar nabrak Papua donk …hehe

Karena di Indonesia bagian timur ini ada lagi Lempeng Samudra Pasifik yang menubruk dari arah timur. Salah satu korban paling parah dari tubrukan tiga lempeng ini adalah Pulau Sulawesi. Tangan-tangannya pada mlintir gak karuan. Ditambah lagi terbentuknya luka sesar mendatar di bagian tengah Pulau Sulawesi.

Penunjaman yang terjadi di sebelah barat Sumatra tidak benar-benar tegak lurus terhadap arah pergerakan Lempeng India-Australia dan Lempeng Eurasia. Lempeng Eurasia bergerak relatif ke arah tenggara, sedangkan Lempeng India-Australia bergerak relatif ke arah timurlaut. Karena tidak tegak lurus inilah maka Pulau Sumatra dirobek sesar mendatar (garis jingga) yang dikenal dengan nama Sesar Semangko.

Di sebelah utara Aceh, ada proses pemekaran lantai samudra (garis merah). Saya rasa itu terjadi sebagai bagian dari proses Escape Tectonics akibat tumbukan Lempeng Anak Benua India terhadap Lempeng Eurasia.

Di sebelah utara Papua juga terbentuk zona penunjaman akibat tumbukan Lempeng Samudra Pasifik terhadap Lempeng India-Australia. Pada bagian Kepala Burung, Papua, ini juga terbentuk sesar mendatar (garis warna jingga) yang dikenal dengan nama Sesar Sorong. Masih menjadi perdebatan apakah penyebab Gempa Papua 4 Januari 2009 yang lalu. Sebagian ahli menyebutkan pergerakan aktif Sesar Sorong ini yang menyebabkan gempa, sebagian lagi menyebutkan gempa bersumber dari zona penunjaman di sebelah utara Sesar Sorong. Mengikuti perdebatan para ahli geologi bisa dilihat di blog Dongeng Geologi-nya Pakdhe Rovicky.

Zona penunjaman (warna hijau) yang terbentuk di Samudra Pasifik umumnya sebagai akibat benturan Lempeng Samudra Pasifik dengan Lempeng Eurasia. Sedangkan zona pemekaran (warna merah) sebagai akibat ikutan proses Escape Tectonics setelah terjadinya tumbukan.

Apa implikasinya dari proses tektonik yang begitu rumit tersebut ? Kita lihat gambar kedua.

Sebaran Gunungapi dan Titik Pusat Gempa di Kepulauan Indonesia

Sebaran Gunungapi dan Titik Pusat Gempa di Kepulauan Indonesia

Gambar di atas menunjukkan sebaran gunungapi (segitiga merah), titik gempa (tanda plus ungu) dan hot spot (tanda bintang jingga). Apa yang terjadi mudah ditebak kan! Rangkaian gunungapi dan titik gempa selalu berasosiasi dengan zona penunjaman. Animasi proses penunjamannya bisa dilihat pada postingan sebelumnya (lihat Animasi Mekanisme Penunjaman Kerak Samudra). Pulau Sumatra, Jawa, Flores, Maluku, Sulawesi dan bagian utara Papua akan rawan dengan gunungapi dan gempa. Emang sudah dari sono-nya begitu. Hanya Pulau Kalimantan yang relatif adem-ayem karena memang posisinya gak dekat-dekat dengan TKPhehe.  (cuma sering banjir tiap tahun, ditambah lagi kebakaran hutan)

Namun tidak seluruhnya kita anggap bencana. Erupsi gunungapi yang berupa abu gunungapi membawa unsur hara yang menyuburkan tanah. Makanya tanah di Jawa pada subur. Tanam padi tumbuh padi (ya iyalah…masak ya iya donk!). Intrusi-intrusi dangkal di sekitar gunungapi menyediakan energi panas bumi yang sangat besar yang bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Endapan mineral logam, seperti emas, tembaga dan nikel, akan banyak dijumpai berasosiasi dengan lingkungan gunungapi (lihat tulisan Pak Awang Satyana di Plate Tectonics : Tidak Seluruhnya Bencana). Kita belum bicara tentang potensi migas dan batubara lho ya! Konteksnya agak sedikit berbeda.

Sayang sekali kalau Kepulauan Indonesia yang kaya ini penduduknya banyak berada di bawah garis kemiskinan akibat keliru mengelola sumberdaya alam yang begitu besar.

Artikel pada https://yudi81.wordpress.com

 
20 Komentar

Ditulis oleh pada Januari 17, 2009 in Geo-dinamik, Geo-struktur, Kebencanaan, Kegempaan

 

Tag: , , , , , ,

20 responses to “Tektonik Indonesia : Kondisi dan Potensinya

  1. phiy

    Januari 18, 2009 at 3:53 pm

    Yang lebih disayangkan kita ada dibawah kendali negara adidaya👿

    padahal jamannya habibi, Arab dah ngiri karna indonesia punya segalanya: tanah, air, dan udara.
    Tanah dengan hasil tanahnya, air dengan hasil kelautannya, udara dengan pesawatnya.

    Tapi skarang dah jadi nyanyian:

    Pernah ada…

    …kini tinggal kenangan

    lagu paan tu😆

    Anyway,
    salam kenal m(_ _)m

     
  2. bocahbancar

    Januari 18, 2009 at 11:29 pm

    Wah Pak..

    Bener-bener bisa merefresh ilmu saya yang telah lama terpendam he he he..

     
  3. yoga

    September 8, 2009 at 2:10 pm

    wah, ini berguna bget..thanks ya

     
  4. Levi

    Oktober 1, 2009 at 11:19 am

    Dengan membaca ini, saya lebih menambah wawasan ilmu tentang geologi.
    Thanks banget dech…
    oh ya…kalo saya boleh komentar tentang posting saudara Phiy diatas, saya rasa anda terlalu berlebihan.
    Indonesia nga pernah tuh tunduk ama negara adidaya…..kalau dibantu iya….
    Yg kita omongin ini kan tentang geologi bukan politik !

     
  5. arif

    Oktober 6, 2009 at 7:18 pm

    bagus kokkkkkkkkkk……….postingannya!!!!!! cukup membantu aku ngerjain tugas dari lembaga pendidikan

     
  6. alfredo

    Oktober 9, 2009 at 12:01 pm

    ini bagus sekli bagi saya karna sangat berguna untuk ilmu

     
  7. Wilman

    Februari 25, 2010 at 9:38 am

    postingnya bagus! Thanks ya, tugas jadi selesai

     
  8. KIJO

    April 15, 2010 at 3:11 am

    thanks, brow…..
    artikel diatas sgt membantu sy…..GBU

     
  9. KIJO

    April 15, 2010 at 3:12 am

    thanks, brow…..
    artikel diatas sgt membantu sy..KEBETLN AQ LG BUTH…GBU

     
  10. lina

    Juni 22, 2010 at 9:27 am

    gue jd tmbh ilmu deh,stlh bc artikel ni…

     
  11. MIKAEL

    Juli 9, 2010 at 1:14 pm

    sweaktu aku di ACEH….aku termasuk beruntung bisa lihat…. GERHANA MATAHARI YG HANYA TERJADI 1033 TAHUN SEKALI…. DI SELURUH INDONESIA…… GERHANA ITU…HANYA PALING SEMPURNA diliat di aceh….., silahkan check koran “serambi indonesia” (korannya aceh)

     
  12. kampoenk buddy dari sragen

    Agustus 6, 2010 at 9:15 pm

    postingnya keren boy,, menambah wawasan saya tentang keadaan geografi dinegriku ini,

     
  13. indra

    Oktober 28, 2010 at 11:08 am

    sip dah…

    tapi bahasanya gw kurang paham tapi ok lah!!!!
    nambah wawasan…

     
  14. bawor

    November 11, 2010 at 1:45 pm

    tks for reminding, semoga bangsa kita jadi lebih tanggap bencana dengan lebih memahami bumi tempat kita berpijak, ..:-)

     
  15. rizki

    November 16, 2010 at 10:18 pm

    blog nya bagus ,jadi saya bisa ngambil bahan dr sini.
    Makasih tlh membuat artikel ini

     
  16. anggraini

    Januari 10, 2011 at 9:00 pm

    blognya lumayan bagus..
    trims dah bantu tugas saya…

     
  17. catur n

    Maret 5, 2011 at 1:21 am

    mantappppp..
    pi syng ngk nyingung mslh mineral yng trbntuk

     
  18. yasri

    Juli 10, 2011 at 12:55 pm

    Terimaksh Infonya,

     
  19. agus grabag

    November 15, 2013 at 9:53 pm

    sip infonya

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: